Sunday, January 21, 2007

Membuat Homepage Interaktif dengan CGI/PERL

Ketika membeli judul buku karangan Gregorius Agung ini, yang ada di bayangan saya, adalah sebuah buku yang berisi tips dan trik untuk membuat web page yang interaktif menggunakan CGI/PERL. Harapan saya adalah saya akan mendapati banyak penjelasan mengenai CGI.

Setelah membacanya, terus terang saya kecewa. Saya tidak menemukan tips dan trik baru. Banyak penjelasan dalam buku ini yang sepetinya setengah-setengah. Pembaca hanya diberi link-link untuk mendownload program yang dibutuhkan. Tapi tidak ada penjelasan yang cukup tentang cara penggunaannya. Penjelasan mengenai CGI dan PERL juga sangat kurang untuk memenuhi judul yang dibawa buku ini. Yang saya dapatkan adalah bagaimana membuat sebuah form dan mengetesnya menggunakan server cgi yang disediakan ncsa menggunakan HTML. Selain itu penggunaan istalah java dan javascript yang menurut saya membingungkan. Sebagaimana diketahui bahwa javascript bukanlah java begitu pula sebaliknya.

Walaupun begitu, bab yang membahas mengenai Internet dan HTML saya nilai cukuplah untuk pemula yang belum mengetahui HTML. Sisanya, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sangat tidak sesuai dengan apa yang dicantumkan di cover belakang (level ketrampilan sampai dengan tingkat mahir dicentang).

Harga : Rp. 2500,- acara diskon Gramedia

No comments: