Sunday, January 21, 2007

Aloha

Saya mendengar kata ini digunakan dalam bidang jarigan komputer pada salah satu kursus singkat yang diberikan oleh Mr Otto Spaniol (Prof. Dr. yang mengajar di RWTH Aachen). Walau mungkin sebelumnya pernah diberikan pada masa-masa kuliah. Tapi saya 'mendengar' pertama kalinya pada saat itu. Dijelaskan oleh beliau dengan lugas dan sederhana. Mungkin karena beliau juga ikut berperan serta dalam pengembangan Aloha sehingga penjelasanya mudah dimengerti.

Aloha adalah protokol yang digunakan pada komunikasi satelit. Dikembangkan di University of Hawai. Prinsipnya sangat sederhana, transmiter akan mengirimkan data setiap ada frame untuk dikirim. Jika frame tersebut berhasil dikirim, frame berikutnya akan di kirimkan. Jika gagal, frame tersebut akan dikirim lagi setelah waktu acak.

Kekurangan pada Aloha versi pertama adalah karena semua stasiun menggunakan frekuensi yang sama dan tidak terkoordinas maka kemungkinan 'data collision' cukup sering terjadi sehingga menyebabkan banyak pengulangan pengiriman. Slotted Aloha adalah pengembangan dari Pure Aloha (Aloha versi pertama) yang menggunakan slot waktu untuk mengurangi 'data collision' dimana stasiun-stasiunnya harus disinkronisasi terlebih dahulu.

No comments: